The 5 Arrows of New Business Creation

Dalam buku The 5 Arrows of New Business Creation, Dr. Handito Joewono menjelaskan tentang 5 tahapan arah pengembangan bisnis baru, yaitu : (1) Day Dreaming, (2) Creative Thinking, (3) Push The Pedal, (4) Accelerating, dan  (5) Looking Up.

1. Day Dreaming (Bermimpi)
             Langkah awal mulai berbisnis adalah berangan-angan. Kita perlu punya sebuah angan-angan, cita-cita besar, mimpi yang sadar  akan hal yang ingin kita capai di masa mendatang. Bisa karena ingin mempunyai uang yang banyak,  bosan menjadi pegawai, ingin kebebasan, ingin mempunyai karya pribadi, berbuat luas bagi masyarakat, atau berbagai alasan lainnya.

2. Creative Thinking (Berpikir secara Kreatif)
                Bisnis harus tetap rasional, punya hitungan untung rugi tetapi harus kreatif. Bisnis jaman sekarang hanya yang kreatif dan inovatif yang dapat bertahan. Kreatifitas berpikir diperlukan untuk menghasilkan rancangan bisnis yang berbeda dan mempunyai ‘punching power’ untuk menggebrak ‘kebekuan pasar’.
                Creative thinking pada pengembangan bisnis baru akan menghasilkan rumusan rencana bisnis yang terdiri dari arah tujuan dan cara-cara mencapai tujuan bisnis baru. Termasuk di dalamnya adalah analisis atas situasi kompetisi, potensi pasar, perilaku konsumen, rumusan barang/jasa yang hendak dibisniskan, program promosi, pengorganisasian tim, dan persiapan peluncuran bisnis baru.

3. Push the Pedal (Memulai Berbisnis)
                Push the Pedal atau gowes pedal sepeda adalah kongkritisasi dari keinginan berbisnis. Melangkah seperti menggoes pedal sepeda adalah langkah yang tepat untuk membuat angan-angan kita terealisasi.

4. Accelerating (Mempercepat Kemajuan Bisnis)
                Langkah selanjutnya yaitu mempercepat goesan pedal sepeda. Tidak ada bisnis yang mampu bertahan jika tidak maju. Ketika ada kesempatan emas untuk tancap gas memperbesar bisnis, jangan tunda dan lalukan kesempatan yang hadir. Inilah kesempatan emas pebisnis untuk memperbesar bisnisnya.

5. Looking Up (Melihat ke Atas)
               Terus melihat ke atas, ke depan. Memandang ke atas dan bersiap merayakan keberhasilan besar serta memobilisasi segenap sumber daya merupakan kunci penting menjadi pebisnis yang berhasil mengembangkan perusahaannya secara berkelanjutan.
                Dalam kerangka The 5 Arrows of New Business Development, pebisnis yang sudah melewati arah bagian kelima yaitu looking up akan masuk ke lingkaran yang baru dan kembali masuk ke tahapan day dreaming untuk bisnis yang lebih besar dan selanjutnya melanjutkan siklus baru yang semakin besar.

0 komentar:

Posting Komentar