Memaknai Enterpreneur Sukses Sejati

Kamus Webster mengartikan entrepreneur sebagai "one who organizes, manages, and assumed the risks of business or enterprise". Pengertian ini mencakup sikap mental mengambil risiko dalam pengorganisasian dan pengelolaan suatu bisnis yang juga berarti suatu keberanian untuk membuka bisnis baru.

Cukupkah?  Lalu, bagaimana dengan kata sukses sejati?  
Nah, inilah indikator keberhasilan entrepreneur yang hendak kita wujudkan. 

Seperti apa wujud sukses sejati itu dan bagaimana cara menggapainya?  Selengkapnya terangkum dalam kaidah 5 i, yakni :

1.         Hancurkan Sindrom Diri
Kita harus berani membakar ‘kapal rasa kemapanan dan kenyamanan’ berupa pola pikir dan pola sikap negatif yang telah lama menggelayuti kehidupan kita sehingga melenakan diri kita. Mulai saat ini visi dan cara pandang kita adalah mewujudkan diri agar dapat menjadi entrepreneur sukses sejati.

2.         Identifikasi Sukses Sejati
Sukses sejati mencakup keimanan yang kokoh dan produktif, keluarga yang bahagia, tubuh yang sehat, bisnis atau karir yang berhasil, hubungan antar manusia yang baik, pertumbuhan dan perkembangan pribadi yang optimal, berporos pada jalan dakwah, dan hidup yang dinikmati. Sukses yang merengkuh sukses dunia dan akhirat sekaligus sesungguhnya adalah sukses sejati yang dituju oleh seorang entrepreneur.

3.        Teladani Success Story
Meneladani contoh sukses enterpreuneur yang ada. Misalnya teh botol Sosro. Sosro. “Apapun Makanannya, Minumnya ... Teh Botol Sosro”. Tentu, tak asing bagi kita mendengar iklan ini. Iklan yang – paling tidak - menggambarkan kisah sukses  Sosro sebagai market leader dalam bisnis teh minuman (Hakim, 2000).  Iklan ini tumbuh dari proses panjang keberanian dan keuletan seorang Sosro. Dengan keberanian besar, bahkan  terkesan “cukup nekat”, Sosro  memutuskan untuk berusaha di bidang minuman, berupa  air teh yang dikemas dalam botol. Sebelumnya, tidak satu pun pengusaha yang berani melakukan bisnis seperti itu. Hal ini karena semua tahu, teh adalah minuman yang remeh. Dimana-mana teh mudah diperoleh. Bahkan di warung nasi yang paling sederhana pun, teh disediakan gratis. Selain itu, bagaimana rasa dan mutu air teh bila disimpan dalam botol berhari-hari? Belum lagi  dengan bau, aroma dan kesehatannya?  Juga,  apa mungkin laku?  Waktu membuktikan lain. Sukses. Sosro boleh dijuluki sebagai si jenius lokal yang bertahan dan sukses di tengah gencarnya serbuan kapitalis asing.

4.       Improvisasi Tiada Henti
Meneladani contoh sukses yang ada dengan tetap memunculkan karakter positif yang khas pada diri kita secara kreatif dan inovatif. Jadi, tidak perlu menjadi sosok yang kembar dengan sumber tiruan ketika kita meneladani kemampuan seseorang dalam bidang apapun. Dengan begini, akan selalu muncul nilai plus pada diri kita yang akan membedakan kita dengan sosok tiruan kita.

5.         Raih Sukses Sejati
Menjadi entrepreneur sukses sejati berarti menjadi entrepreneur yang dapat meraih predikat sukses sejati, sukses yang dapat menciptakan nilai tambah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar dalam rangka menuju kehidupan bahagia di alam setelah dunia.  Sukses bagi diri sendiri & sukses bagi pembangkitan umat.

 Sumber : MK Widjajakusuma, 2007, Be The Best, not ‘be asa’ , Prestasi-Gema Insani, Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar