Kompetensi Karakter Kewirausahaan

                Untuk menghasilkan wirausaha baru yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing global dibutuhkan ‘bahan baku’ berupa calon wirausaha yang mempunyai beberapa karakter unggul wirausaha, baik yang merupakan karakter bawaan sejak lahir atau yang dibentuk melalui pelatihan dan pengalaman. Dari penelitian  yang dilakukan oleh Splashh SoE (School of Entrepreneurship) dan Arrbey Competitiveness Center, ada lima karakter unggul kewirausahaan yang merupakan inti dari karakter di atas, yaitu : Pencari Peluang (opportunity seeker), Pembangun Jaringan (network builder), Pengarah (conductor), Pekerja Keras (hard worker), dan Pendorong Kemajuan (progress demander) (Handito Joewono, 2011). Berikut adalah pemaparannya.


1.    Pencari Peluang (opportunity seeker)
          Seorang wirausaha adalah seorang pencari kesempatan usaha yang tidak pernah ‘tega’ membiarkan kesempatan bisnis berlalu begitu saja. Pebisnis tidak mengenal kata letih dan bosan untuk terus mencari kesempatan yang belum dilirik orang lain.

2.    Pembangun Jaringan (network builder)
          Seorang wirausaha adalah seseorang yang bisa ‘menjembatani’ berbagai kepentingan dan bahkan perbedaan prinsipil yang terjadi pada orang lain. Pebisnis mempunyai karakter supel dalam bergaul dan menjadi ‘jembatan’ terjadinya kesepakatan, termasuk kesepakatan transaksi bisnis.

3.    Pengarah (conductor)
          Seorang wirausaha adalah orang yang cerdas dan mempunyai jiwa kepemimpinan sehingga bisa memimpin orang lain untuk menjalankan kepentingannya. Tidak heran jika seorang wirausaha sering dijuluki ‘cerdik’ karena kepiawaiannya memimpin atau mengarahkan orang lain agar bisa mendapatkan keuntungan.

4.    Pekerja Keras (hard worker)
          Seorang wirausaha adalah seorang pekerja keras yang tidak kenal lelah memperjuangkan kepentingan bisnisnya. Pebisnis mempunyai tujuan yang besar dan tekad kuat untuk mencapai tujuannya. Tidak heran kita sering melihat wirausaha yang tidak bosan-bosannya bekerja seperti tanpa kenal waktu dan lelah.

5.    Pendorong Kemajuan (progress demander)
          Seorang wirausaha adalah pribadi yang mendambakan kemajuan, dan tidak merasa cukup hanya dengan maju ‘alon-alon asal kelakon’. Seorang wirausaha sering melompat maju untuk bisa mencapai tujuan lebih cepat dari orang lain. Besarnya tekad untuk maju seringkali membuat wirausaha tidak bisa mengendalikan dirinya.

                Wirausaha yang berhasil tentu mempunyai kelima karakter unggul wirausaha tersebut. Tetapi hal ini tidak berlaku sebaliknya : seseorang yang mempunyai lima karakter unggul kewirausahaan tadi belum tentu bisa menjadi wirausaha yang berhasil. Mengapa? Karena jiwa wirausaha hanyalah modal dasar bagi seorang wirausaha. Selain 5 karakter unggul tersebut, wirausaha sukses perlu memiliki prasyarat dasar berupa kemampuan mengelola resiko dan kompetensi mengelola bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar